Prospek AEON Mall di Indonesia


Minggu lalu kami mengunjungi AEON Mall Jakarta Garden City (JGC). Pusat perbelanjaan dengan 165k-sqm terletak di kawasan Cakung yang ramai, di dekat kawasan industri. Jakarta Timur adalah kota dengan jumlah penduduk 2.6 juta jiwa atau 27,9% dari total penduduk Jakarta. Selama kunjungan kami, AEON Mall Jakarta Garden City penuh dengan family shoppers.

AEON MALL adalah operator pusat perbelanjaan terbesar dari Jepang yang telah mengoperasikan lebih dari 150 mal di 5 negara, termasuk Jepang, China, Vietnam, dan Kamboja. Di Indonesia, AEON MALL telah beroperasi di bawah PT. AEON MALL Indonesia sejak Oktober 2012. PT AEON Mall Indonesia telah membeli lahan seluas 8,5 ha dari PT Modernland Realty (MDLN) dan berjanji akan menginvestasikan 80mn yen (IDR9.5tr) untuk membuka 20 mal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (JABODETABEK) pada tahun 2023.

AEON MALL JGC adalah Mall AEON kedua di Indonesia setelah AEON Mall BSD, Serpong. Mal ini dibangun di atas area seluas 165sqm dengan total area bersih seluas 71k persegi disewakan dan area parkir yang bisa menampung 3.000 lot kendaraan. AEON Mall JGC terletak di jalan paling dinamis di Jakarta Garden City, yang nantinya akan menjadi jalan utama yang menghubungkan Kelapa Gading di Jakarta Utara dan Harapan Indah di Bekasi.

AEON Mall adalah mal pertama di Indonesia yang memiliki kincir ria besar yang diputar di atas mal, disebut J-Sky, dengan tiket seharga IDR50k/orang, IDR160k/pasangan, dan IDR350k per 6 orang.

Sebagai pemain baru, AEON Mall berencana membuka 20 mal pada 2023, yang akan memberi tekanan pada pemain lokal yang dominan, seperti Lippo Group, Sinarmas Land, dan Agung Podomoro Land. Lokasi AEON Mall selanjutnya adalah Sentul City di Bogor dan Delta Mas di Cikarang, sesuai dengan strategi AEON Mall untuk menembus kawasan pinggiran kota.

Sumber: Mirae Asset

Bagaimana Pendapat Anda?